Ashafidz's Blog

Ilmu VS Harta

Posted on: September 6, 2009

Pada zaman dahulu, di kota Basrah (Irak), manusia saling berselisih pendapat tentang manakah yang lebih bermanfaat dan berguna : ilmu pengetahuan atau harta ?

Sebagian orang mengatakan, “Ilmu pengetahuan lebih baik dari harta.” dan sebagian lagi mengatakan, “Tidak, harta lebih baik dari pada ilmu pengetahuan” akhirnya mereka mendatangi seorang ulama untuk memutuskan masalah itu dan menanyakan pendapatnya tentang hal itu.

Ulama itu berkata, “Katakanlah kepada mereka bahwa ilmu pengetahuan lebih baik dari pada harta” Akan tetapi, orang yang bertanya kepadanya mengatakan, “lalu apa yang harus aku katakan jika mereka menanyakan kepadaku tentang dalil dan alasan pendapatmu ini?”

Ulama itu menjawab, “Katakanlah kepada mereka bahwa ilmu pengetahuan adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan Fir’aun. Ilmu pengetahuan adalah yang menjadi penjaga bagi dirimu, sedangkan harta, kamulah yang harus menjaganya.

Di atas itu semua, ilmu pengetahuan adalah pemberian dari Allah yang tdak dianugerahkan kecuali kepada orang yang Dia cintai, sebagaimana firman-Nya, “Dan sekiranya bukan karena hendak menghindari manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah Kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada (Tuhan) Yang Maha Pemurah loteng-loteng perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya.” (az-Zukhruf:33)

Ilmu pengetahuan semakin sering dikeluarkan akan semakin bertambah keberkahannya.  Sedangkan harta, semakin banyak dibelanjakan, maka akan semakin berkurang jumlahnya.

Orang yang memiliki harta akan ditanya diakhirat nanti tentang dari mana dia mendapatkan uangnya? kemana uang tesebut dibelanjakan? sedangkan orang yang memiliki pengetahuan akan diangkat derajatnya di sisi Allah, sebagaimana yang disebutkan didalam Al-Qur’an,

Katakanlah, ‘Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?'” (az-Zumar:9)

semoga bermanfaat

15 Responses to "Ilmu VS Harta"

Setuju bro dgn pendapatnya, cuma kok masih banyak orang tidak mau berbagi ilmu pdhal dgn berbagi ilmu bukannya akan habis tapi makin tambah kan?

BTW.. blognya masih clean bgt ya…🙂

Lebih baik memiliki ilmu banyak daripada memiliki harta banyak. Jika memiliki ilmu, harta dapat dicari.

yah dengan ilmu kita bisa mencari harta n dengan harta pula kita bisa mencari ilmu tapi harta bisa habis sedang ilmu g akan habis

ehh ilmu adalah segalanya, jadi marilah kita saling berbagi🙂

Alhmdllh… Yups, oke bgt ulasannya. Tpi jman skarang, klo gk da hrta gk bsa dpat ilmu lbih tu… Ato kbalik ya? Aduh, jman udah trbalik ni… Xi3x…

senang bisa berbagi ilmu, blogwalking sobat…

Assalamu’alaikum,
Ilmu sangat penting, karena itu kita harus menuntut ilmu sebaik-baiknya, dalam sebuah hadits shahih disebutkan: ”Siapa meniti jalan menuntut ilmu, Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.” (HR Muslim). (Dewi Yana)

dan bagaimana jika ilmu hanya untuk mencari-cari harta???
atau
harta untuk bekal mencari Ilmu ??

iya ilmu dapat melindungi harta dan diri.

salam kenal juga.

Bermanfaat banget bro…
Jujur neh, walo kadang Bendol masih berpikir gimana caranya punya harta yang lebih
hehe…
serakah kali ya? Gak ah…cuma rakus doang
hehe….

gwgw tetep konsisten…ilmu…yg gwgw pilih…
malahan gwgw inget kisah nabi Sulaiman yg memeilih ilmu ketimbang harta.

setuju sekali Mas, ilmu jauh lebih berharga dr pada harta, walaupun saat ini di negeri kita utk mencari ilmu harus ada harta.
Namun, tanpa hartapun, banyak ilmu yg bisa didapat, contohnya dengan mengunjungi blog sahabat2 sesama blogger ada banyak ilmu yg bisa diambil, dan……………..gratis pula…..:D😀😀
Salam.

dengan harta kita bisa mendapat ilmu dan dengan ilmu kita bisa mendapat harta, di jaman sekarang kedua2nya kadang saling membutuhkan🙂

Ya setuju. Menurutku, esensi dari hidup adalah berbagi. Baik ilmu maupun harta.🙂

tulisan yang menarik…
Mungkinkah harta dan ilmu bersinergi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: