Ashafidz's Blog

Mengajarkan Anak Berpuasa

Posted on: August 22, 2009

Bahwa puasa Ramadhan diwajibkan bagi muslim yang berakal, telah mencapai usia baligh, sehat, tidak sedang bepergian dan tambahan untuk muslimat sedang tidak dalam keadaan haid atau nifas. Jadi, puasa tidak diwajibkan bagi orang kafir, orang gila, orang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan (musafir), wanita yang sedang haidh atau nifas, orang tua yang lemah, wanita hamil dan ibu menyusui, dan anak kecil yang belum baligh.

Memang anak kecil yang belum mencapai usia baligh tidak memiliki kewajiban melakukan puasa,akan tetapi orangtuanya memiliki kewajiban untuk mendidik dan mengenalkan tentang kewajiban puasa. Bahkan kalau sudah mendekati usia baligh, orangtua harus menyuruh anak mereka untuk menjalankan puasa sehari penuh agar mereka terbiasa. Dengan begitu orangtua akan mendapatkan pahala memerintahkan kebaikan seperti disebutkan dalam hadits Nabi Saw., “Siapa yang menunjukkan jalan kebaikan maka dia akan memperoleh pahala seperti yang didapatkan oleh orang yang melakukan kebaikan tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang mengerjakannya.”

Diawal bulan ramadhan anak-anak dilatih untuk berpuasa setengah hari yaitu pada waktu adzan dhuhur mereka diperbolehkan makan dan minum secukupya, setelah itu mereka meneruskan puasanya kembali, jika sudah mampu menjalankan puasa cara ini mereka ditingkatkan levelnya puasa 3/4 hari  dimana mereka diperbolehkan makan pada waktu adzan ashar.

semoga bermanfaat


		
Tags: ,

12 Responses to "Mengajarkan Anak Berpuasa"

betul, anak-anak harus diajarkan untuk berpuasa sejak dini

salam kenal mas/mbak…
artikel yg bagus…
numpang baca2.. yah…

salam kenal mas..
komennya kok ilang ?
waduuhh….

Meskipun anak2 saya sudah nggak perlu diajari berpuasa lagi, tapi saya akan mempelajari tips ini…😀

matur nuwun

jadi inget waktu kecil dulu,pas mau buka dhuhur gak ada makanan nangis (ibu pas keluar rumah )😀

itu mungkin jg strateginya orang tua mas, biar kita bisa puasa 1 hari🙂

YA YA YA SY KIRA INI PNTING SEKALI MAS..

Benar mas, anak-anak memang harus dilatih puasa sejak kecil.

Salam kenal kembali.

Saya punya anak kelas 2 SD. Saya sering berselisih pendapat dengan istri berkenaan dengan cara melatih anak puasa. Istri saya menurut saya terlalu memaksa anak utk puasa sehari penuh. Pada jam 3 sore anak tersebut sering nangis karena haus. Saya bilang, “Mimik, dhik. Ndak apa2”, tapi istri saya mengatakan, “Jangan!” Wah berapbe kalau gini, Anak jadi bingung. Ya akhirnya saya ajak jalan-jalan naik motor sambil mborong jajanan sampai menjelang maghrib.
Saya khawatir pemaksaan seperti yg saya utarakan lebih untuk kepentingan si ibu ketika dia ngrumpi dengan ibu-ibu lain, “Heh Mbakyu, itu lho anak saya jempolan, baru kelas 2 SD puasanya sudah full!!!

kalau dipaksa sebenarnya ya kasian pak, lha wong dulu saya baru bisa puasa full baru kelas 4 SD🙂
tipsnya menylimurkan (mengalih perhatian) dengan ngajak jalan-jalan oke juga lho pak🙂

buat temen2 umat muslim, selamat menjalankan ibadah puasa, semoga semua berjalan dengan baik dan damai…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: