Ashafidz's Blog

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Posted on: August 23, 2009

Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa dia berkata: Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda:
  1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
  2. Dan pada malam kedua, ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
  3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.”
  4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
  5. Pada malam kelima, Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
  6. Pada malam keenam, Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
  7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
  8. Pada malam kedelapan, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahin as
  9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi saw.
  10. Pada Malam kesepuluh, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
  12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
  13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
  16. Pada malam keenam belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
  17. Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
  18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”
  19. Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
  20. Pada malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
  21. Pada malam kedua puluh satu, Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
  22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
  23. Pada malam kedua puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
  24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
  25. Pada malam kedua puluh lima , Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
  26. Pada malam keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
  27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
  28. Pada malam keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
  29. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
  30. Dan pada malam ketiga puluh, Allah ber firman : “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.”

semoga bermanfaat

About these ads

28 Responses to "Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan"

tarawih melu aq, witir metu.. kwakwakwakwa.. :D

salam kenal balik :)

Trims atas pelajaran yang berharga ini tentang Shalat Tarawih.
Selamat menunaikan ibadah puasa.
Mohon maaf lahir dan batin.
Salam

Hadits yg sungguh menyemangati umat Islam untuk bertaraweh.

Salam. 8-)

mantabbbbb, salute

semoga ramadhan kali ini bisa membawa berkah bagi kita semua… amin y rob. salam blogger indonesia……..

saya nyesel tadi gak tarawih

Posting menarik.
Met puasa!!!

wah ternyata segitu-nya, ya pahalanya. untung dua malam ini terawih terus.

sama mas…
saya juga nyesel tadi g tarawih…
hiks..hiks…

Assalamu’alaikum,
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya, salam kenal juga. Semoga silaturahim kita selalu terjaga. Tulisan yang bagus.
(Dewi Yana)

salam kenal juga :)

Thanks bro…
Makasih pencerahannya….
Smoga Bendol makin semangat menunaikannya….

Kunjungan balik neh sob, btw wajar kok tarawih memiliki keutamaan karena iya hanya ada satu bulan dalam satu tahun. Jika diberikan rahmat seperti itu alangkah indahnya hidup ini. Selamat berpuasa, semoga menjadikan kita insan yang tawadu’ amin.

salam hangat :)

kunjungan balik, terima kasih diingatkan dengan postingannya

salam kenal juga yah…

semoga kita bisa memaknai ramadhan dengan baik

hadiirrr…..
siang siang memanfaatkan waktu luang mengunjungi sahabat…, siapa tahu ada pelangi baru yang dapat mencerahkan hariku….

hhmm… mantap sekali en lengkap…, terima kasih untuk penjabarannya… jadi semakin sayang untuk meninggalkan malam2 ramadhan dengan kegiatan yg tidak bermanfaat :)
terima kasih banyak ya…
cu….

Wah, non muslim jadi gak bisa berkomentar banyak nih, hehehe…
Selamat berpuasa aja yah, moga puasanya lancar2 aja. AMin :)

Selamat menunaikan ibadah puasa.
Semog kita, bangsa, dan negara semakin damai..

wah thx mas. .skali” mampir ke blog saya. .exchange link juga gitu :)

ternyata diriku termasuk orang orang yang merugi

Kalo melihat isi keutamaannya sih bagus, namun kok aku baru tahu sekarang yah, mimang sumbernya dari kitab apa tu mas Hafifz? :roll: Lanjutken dakwahnya yah, ane seneng nih postingan kek gini, nyang penting sumbernya harus lebih jelas ajah.

indah nian ramadhan, hadir di awal ramadhan dg posting ramadhan. moga ramadhan memberkahi kita semua dalam keindahan dan keselamatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: